Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Pelajar

Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Pelajar

Laptop bagi pelajar adalah sarana belajar dan sesekali dipakai untuk hiburan saat menonton film. Jika Anda ingin membelikannya untuk anak yang masih pelajar SD atau SMP, tapi belum bisa memilih yang baru, maka Anda pergi ke tempat jual laptop bekas. Sebelum bingung memilih, mari kita simak tipsnya di bawah ini.

  1. Harga

Berapa anggaran yang Anda punya? Bandingkan harga laptop dari 3 hingga 4 merek, lalu sesuaikan dengan budget. Jangan pilih yang terlalu mahal dan malah membuat Anda harus berhutang. Gawai ini berfungsi sebagai teman belajar, bukan untuk gengsi bahwa anak Anda yang masih SD sudah memilikinya.

  1. RAM

Besaran RAM untuk laptop pelajar SD cukup 1 GB. Laptop dengan RAM 8 GB memang lebih bagus performanya, tapi harganya tentu jauh lebih tinggi, walau kondisinya bekas. RAM 1 GB sudah cukup karena paling-paling anak menggunakan gawai untuk mengetik tugas, membuka Google, dan menonton film.

  1. Ukuran Layar Dan Ketebalan Laptop

Sehari sebelum pergi ke tempat jual laptop bekas maka lihatlah review-nya yang tersebar di internet. Perhatikan ukuran layarnya. Jangan sampai layar terlalu besar sehingga tidak muat dimasukka ke dalam tas sekolah. Selain itu, lihatah ketebalan laptop. Jika terlalu tebal dan besar tentu akan membuat punggung anak sakit saat membawanya di dalam ransel.

  1. Memori

Pilih laptop bekas dengan memori 500 GB. Besaran memori itu sudah lebih dari cukup, karena laptop hanya digunakan untuk menyimpan tugas-tugas dari sekolah, lagu-lagu, dan beberapa film. Jika laptop mulai hang maka Anda bisa membantu anak untuk menghapus file yang tidak perlu atau membelikannya harddisk external.

Membelikan anak gawai bekas di tempat jual laptop bukanlah hal yang memalukan. Yang penting gadget itu masih berfungsi dan bisa mendukungnya dalam belajar, mengetik, membuat tugas,dan juga berlatih menggunakan program Excel, Power Point, dan sebagainya. Ajaklah anak ke toko agar ia senang dan pilihkan laptop yang sesuai dengan kebutuhannya dan juga anggaran Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.