Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Guru

Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Guru

Guru adalah profesi yang memerlukan laptop sebagai alat kerja, untuk mengetik RPP, mempersiapkan presentasi di depan murid, dan lain-lain. Anda ingin membeli laptop tapi galau karena masih berstatus honorer? Jangan khawatir karena masih ada gawai bekas yang harganya terjangkau. Saat melihat-lihat foto dan deskripsi di tempat jual laptop bekas, lakukan hal-hal di bawah ini sebelum membelinya.

  1. OS

Operation system seakan menjadi nyawa bagi sebuah laptop. Pada gawai bekas yang diincar, apa OS-nya? Jika Anda suka utak-atik program, maka pilih laptop dengan OS Linux yang bisa dimodifikasi. Namun jika Anda ingin yang praktis, belilah yang memiliki sistem operasi Windows. OS Windows sangat user friendly karena Anda pasti mempelajarinya sejak sekolah.

  1. Memori

Rata-rata laptop memiliki memori hingga 1 TB. Walau kondisinya bekas, tapi harganya mungkin masih di luar kantong Anda. Jadi, gadget dengan memori 500 GB sebenarnya sudah cukup, jika Anda hanya menggunakannya untuk mengetik dan menyimpan data-data dari sekolah. Jika ingin menyimpan data yang lebih besar, maka bisa menggunakan hard disk external yang biasanya juga dijual di tempat jual laptop.

  1. Baterai

Sebelum membeli, periksa dulu ketahanan baterai laptop jika kabel charger tidak dialiri listrik. Pilih gawai yang daya baterainya masih cukup bagus karena rata-rata sekarang menggunakan baterai tanam. Jika baterainya mulai error maka laptop harus dicolokkan kabel pengisi dayanya dan berpotensi menimbulkan over heat.

  1. Merek

Ada berbagai merek laptop bekas yang harganya terjangkau. Belilah yang mereknya cukup terkenal karena jika gadget rusak, bisa langsung diperbaiki ke service center resmi. Selain itu, mencari spare part-nya juga mudah. Saat laptop error, tentu Anda ingin segera menyembuhkannya, agar bisa dipakai lagi untuk persiapan mengajar. Jadi jangan sembarangan pilih merek laptop yang harganya murah tapi tidak terkenal.

Di tempat jual laptop, Anda akan memilih gawai bekas yang bisa mendukung kinerja di sekolah. Pilihlah yang baterainya masih bagus, mereknya cukup terkenal, dan OS-nya cukup familiar. Memori internalnya juga cukup 500 GB. Selamat memilih laptop bekas dan semoga mengajarnya makin lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.