Tips Beli Laptop Bekas Untuk Penulis

Tips Beli Laptop Bekas Untuk Penulis

Penulis dan laptop bagai 2 sisi mata uang yang tak terpisahkan. Laptop adalah gawai andalan untuk menuangkan ide-ide segar dan alat kerja utama. Sayangnya ketika laptop baru masih terlalu mahal, maka beli saja yang bekas di tempat jual laptop. Ini beberapa tips sebelum memilihnya di toko gadget.

  1. RAM

Jika anggaran Anda terbatas, maka membeli laptop bekas dengan RAM 1GB atau 2GB juga tidak apa-apa. Tujuan utama laptop adalah untuk mengetik, jadi spesifikasi RAM segitu sudah mencukupi. Kecuali jika Anda seorang penulis sekaligus blogger yang membuat desain infografis sendiri maka belilah laptop dengan RAM minimal 4GB.

  1. Layar

Perhatikan lebar layar sebelum membelinya. Jangan sampai ukurannya terlalu besar sehingga kesusahan saat akan dimasukkan ke dalam tas. Anda yang berkomitmen tinggi sebagai penulis, pasti membawa laptop kesayangan ke mana-mana, jadi pastikan ukuran layarnya tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil.

  1. Memori Internal

Laptop dengan memori internal 500 GB sudah mencukupi untuk menemani Anda bekerja. Harga laptop bekas dengan memori segitu juga masih terjangkau. Jadi, koleksi artikel, draft novel, e-book, dan tulisan-tulisan lain bisa tersimpan dengan aman. Jika Anda butuh lebih banyak tempat maka bisa disimpan di harddisk external atau di Google Drive. HDD itu juga bisa dibeli di tempat jual laptop.

  1. Sistem Pendingin

Pilih laptop dengan sistem pendingin sehingga bisa digunakan untuk menulis selama berjam-jam. Liquid cooling system menjaga performa laptop sehingga kenikmatan mengetik jadi tidak terhalang oleh panasnya gadget. Bacalah ulasan berbagai merek laptop di Google dan bandingkan juga harga gawai bekas tersebut. Carilah yang memiliki sistem pendingin paling bagus, yang bisa mendukung kinerja Anda sebagai penulis.

Sebelum mengunjungi tempat jual laptop bekas dan menyiapkan uangnya maka bacalah ulasan laptop di Google dan carilah yang memiliki RAM minimal 1 GB, sistem pendingin yang baik, ukuran layar yang pas, dan memori internal yang cukup. Laptop bekas harganya lebih miring tapi kadang performanya kurang sebaik yang baru, jadi pastikan spesifikasi dan kinerjanya masih berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.