Membeli sebuah laptop bekas membutuhkan pertimbangan yang matang. Sama saja seperti membeli laptop baru. Bahkan justru lebih banyak pertimbangannya karena Anda akan membeli laptop yang sudah dipakai orang lain.

Ada begitu banyak laptop bekas yang dijual di toko jual beli laptop bekas. Namun pastinya ada yang paling Anda butuhkan. Ketahui apa saja pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum membeli laptop bekas. Artikel ini akan membahasanya.

Pertimbangan Sebelum Beli Laptop Bekas

Setidaknya ada dua pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli laptop bekas. Yaitu pertimbangan kebutuhan pemakaian, dan merek laptop yang diinginkan. Untuk lebih tahu mengenai hal ini maka bisa langsung baca penjelasannya di bawah ini.

  1. Pertimbangan Akan Kebutuhan Pemakaian

Agar laptop bekas yang dibeli ideal maka Anda harus tahu apa kebutuhan utama Anda membeli laptop tersebut. Apakah membelinya untuk kebutuhan pekerjaan, desain grafis atau editing, atau gaming. Beda kebutuhannya maka beda juga laptop yang dipilihnya.

Agar tidak salah, Anda harus tanyat-tanya kepada orang yang melakukan jual beli laptop bekas. Mereka biasanya akan mengerti kebutuhan Anda. Jika tidak, Anda bisa mencari informasinya sendiri dulu.

Biasanya, laptop yang cocok untuk kerja di kantor tidak perlu yang memiliki spesifikasi hebat. Oleh karena biasanya hanya digunakan untuk tugas ringan seperti menulis, browsing, main game ringan, atau mendengarkan musik.

Laptop untuk desain grafis atau editing spesifikasinya harus mumpuni, seperti RAM yang besar, dan lain sebagainya. Sedangkan laptop gaming harus benar-benar memiliki spesifikasi terbaik. Oleh karena biasanya para gamers akan memainkan game berat.

  1. Pertimbangan Merek

Seperti yang Anda ketahui, merek laptop ada banyak sekali. Setiap merek memiliki kelebihannya masing-masing. Setidaknya di Indonesia ada lima buah merek laptop paling terkenal, antara lain Asus, Acer, HP, Dell, dan Lenovo. Jika Anda bingung perlu memilih merek mana maka bisa pertimbangkan salah satu dari merek tersebut.

Untuk kisaran harganya tentunya bervariasi. Jika harga laptop bekas akan lebih tergantung kepada kondisi laptop tersebut. Jika kondisinya masih bagus tentu saja harganya masih mahal.

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai pertimbangan sebelum Anda beli laptop bekas di toko jual beli laptop bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.