Peringati Hari Tani ke-59, Pemuda Tani Dengungkan Semangat Reforma Agraria

Peringati Hari Tani ke-59, Pemuda Tani Dengungkan Semangat Reforma Agraria

Jakarta – Hari Tani Nasional dirayakan setiap tanggal 24 September, terutama oleh para petani di seluruh Indonesia. Hal ini mengingatkan bahwa pada 24 September 1960 (tepatnya 59 tahun silam), Presiden Republik Indonesia Soekarno menetapkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

“DPN Pemuda Tani mengucapkan Selamat Hari Tani Nasional, tanggal 24 September. Hari Tani Nasional adalah momentum untuk mengingatkan tentang kedaulatan rakyat atas tanah,” kata Ketum DPN Pemuda Tani HKTI Rina Saadah.

Menurutnya, semangat reforma agraria ini harus terus didengungkan agar akses rakyat terhadap tanah dari hari ke hari semakin baik. Fakta bahwa di era globalisasi tanah adalah aset yang dapat dimiliki oleh umum, baik swasta dalam negeri maupun luar negeri, mengisyaratkan bahwa reforma agraria harus mengakomodasi suatu model pengelolaaan yang berbasis kemitraan antara rakyat dengan sektor swasta tersebut. Hal ini menjadi suatu tren, terlepas dari semangat nasionalisme yang menginginkan suatu kedaulatan nasional dalam level tertentu.

Bentuk-bentuk kemitraan tersebut harus memberikan suatu bentuk kedaulatan kepada rakyat dalam level tertentu sekaligus memberikan kesempatan dan kepastian hukum kepada pihak swasta untuk menanamkan modalnya dalam bidang yang dipilih dan disepakati.

Reforma agraria dan kemitraan adalah semangat baru yang dapat dijalankan agar dapat lebih memberikan peluang bagi industri untuk berkembang demi kemajuan bangsa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.