Membeli laptop bekas dijadikan pilihan sebagian orang yang ingin punya laptop tapi terkendala biaya. Namun, membeli laptop second di tempat jual beli laptop bekas lebih sulit. Oleh karena harus benar-benar memastikan bahwa laptop yang dipilih masih punya komponen lengkap dan bagus. Salah satunya masalah RAM.

Sebelum membeli, Anda harus memeriksa RAM laptop bekas dulu. Meski penjual di toko jual beli laptop bekas meyakinkan Anda bahwa semuanya masih bagus, jangan langsung percaya. Anda harus menyelidikinya sendiri dulu.

Cara Periksa RAM Laptop Bekas

Beberapa hal yang harus Anda periksa sebelum beli laptop bekas antara lain:

  • Penyimpanan (storage).
  • Power supply.
  • Operating Sistem

Untuk di sini akan dibahas cara periksa RAM laptop bekas. Cara cek RAM yang dibahas di sini adalah untuk laptop bekas dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 10.

Cek RAM Windows 7

Cara mengeceknya mudah, langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama, klik Start pada laptop Anda.
  • Selanjutnya pada box pencarian ketik exe kemudian Enter.

Sesudah itu, akan ada pilihan untuk melakukan restart laptop pada saat itu agar program dijalankan. Atau pilihan lain kali jika laptop kembali dihidupkan. Jika memilih restart sekarang maka laptop akan langsung restart secara otomatis. Kemudian program akan berjalan dan melakukan pengetesan bagian RAM ke dalam mode Standard.

Jika ingin program melakukan pengetesan dalam tingkat yang lebih tinggi maka tekan saja tombol F1 kemudian pilih EXTENDED. Program akan berjalan, biarkan sampai selesai. Nanti komputer akan otomatis restart sendiri.

Jika RAM baik-baik saja maka akan ada gambar muncul dengan keterangan Windows Memory Diagnostic, no memory errors were detected. Namun jika ada masalah maka akan ada tulisan di layar biru. Biasanya ada peringatan atau status yang berbunyi “Hardware problems were detected…….”. (….. maksudnya tulisannya masih panjang”.

Jika ada pilihan error tentu saja urungkan niat Anda untuk membeli laptop tersebut. Cari laptop di toko jual beli laptop bekas lainnya. Tidak mengapa jika Anda harus teliti karena itu hak Anda sebagai calon pelanggan.

Semoga informasinya cukup memberi tahu Anda bahwa pengecekan RAM pada laptop bekas sangat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.