Membuka usaha biasanya diawali dengan pembuatan rencana bisnis atau business plan. Rencana bisnis ini bisa diterapkan untuk semua jenis usaha misalnya usaha jual beli laptop second. Cara membuatnya sebenarnya cukup mudah namun perlu melakukan riset sehingga bisa merencakanan sebuah bisnis yang benar-benar bisa dijalankan.

Berikut ini poin-poin rencana bisnis untuk usaha jual beli laptop bekas.

  1. Ringkasan Eksekutif

Pada bagian ini menjelaskan tentang bisnis apa yang akan dilakukan. Dicantumkan juga visi, misi, serta tujuan bisnis tersebut.

  1. Latar Belakang Perusahaan

Pada usaha jual beli laptop second bisa dituliskan tentang orang-orang yang berkepentingan dalam usaha tersebut seperti pemilik dana dan pelaksana usaha. Jenis usaha bisa juga ditentukan apakah perseorangan atau berupa PT, dan jenis badan usaha lainnya.

  1. Analisis Pasar dan Pemasaran

Analisis pasar bisa diawali dengan proyeksi pasar untuk laptop bekas. Bagaimana kebutuhan masyarakat tentang laptop bekas tersebut. Setelah itu bisa juga mencantumkan strategi pemasaran seperti Marketing Mix yang terdiri dari Product, Place, Price, Promotion, serta Target Market.

  1. Analisis Produksi

Analisis produksi biasanya menjelaskan tentang proses produksi suatu produk. Pada usaha jual beli laptop Jakarta tidak ada proses pembuatan produk namun berupa usaha jasa sehingga yang dijelaskan adalah langkah-langkah dalam proses jual-beli laptop tersebut.

  1. Analisis Sumber Daya Manusia

Pada analisis sumber daya manusia bisa dijelaskan tentang struktur organisasi perusahaan. Jabatan apa saja yang ada dalam usaha tersebut serta pembagian gajinya. Perekrutan pegawai dan pelatihan juga dapat dijelaskan dalam analisis SDM ini.

  1. Analisis Keuangan

Analisis keuangan berisi proyeksi pendapatan dan pengeluaran. Di sini dapat dijelaskan tentang ramalan usaha tersebut berapa pendapatan yang bisa diperoleh setiap bulannya serta berapa pengeluarannya sehingga bisa menentukan ramalan keuntungan.

  1. Risiko Usaha

Setiap usaha pastinya memiliki risiko, jadi sudah dipikirkan sejak awal apa saja risiko yang mungkin dihadapi dalam usaha jual beli laptop bekas. Selain jenis risikonya, dapat ditulis tentang bagaimana cara untuk mengatasi risiko yang mungkin muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.