Saat kita membeli laptop baru, maka biasanya sudah dilakukan pemeriksaan oleh pabrik untuk meyakinkan semua berjalan baik, dan akan hadir dengan sistem operasi yang baru diinstal. Berbeda dengan membeli laptop bekas, entah dari tempat jual beli laptop bekas atau teman sendiri, kadang tak ada garansi semuanya akan bekerja dnegan baik.

Pertama biasanya kita melihat barang dari penampilan luarnya. Apakah laptop tersebut ada dalam kondisi yang baik seperti bodynya tidak rusak dan layarnya tidak ada yang baret. Jika beruntung maka calon pembeli di tempat jual beli laptop Jakarta bisa melakukan pengecekan di awal, namun jika tidak maka bisa dilakukan setelah membeli.

Berikut ini beberapa langkah awal untuk mengatur laptop bekas.

  1. Mengecek Hardware Menggunakan Boot CD

Kita bisa mengunduh software dan membakarnya ke dalam CD menggunakan laptop/komputer lainnya kemudian menggunakannya untuk melakukan boot pada laptop. Caranya dengan memasukkan CD kemudian restart laptop. Selanjutnya kita pilih F12 untut melakukan Boot, atau sesuai dengan instruksi yang ada. Dari sana kita bisa melakukan beberapa tes untuk mengecek kondisi laptop.

  1. Reinstall Windows

Direkomendasikan untuk mengapus partisi hard drive yang ada dan membuat yang baru. Selain itu pengguna dapat melakuan install ulang untuk program Windows. Pengguna bisa memilih Windows terbaru namun yang sesuai dengan spesifikasi laptop tersebut.

  1. Mengecek Malware

Laptop bekas dari situs jual beli laptop bekas kadang mengandung virus atau malware karena mungkin terinfeksi saat pengguna lama melakukan brownsing. Mengecek malware bisa dilakukan dengan menggunakan software antivirus seperti BT Virus Protect, AVG, danlain-lain. Jika tidak ada masalah maka langsung mulai menggunakan laptop bekas tersebut.

  1. Memulai Windows Pertama Kali

Jika kita tidak dapat melakukan instalasi Windows dengan lancar dan ditanyai password maka perlu untuk bertanya pada pemilik sebelumnya. Saat pertama log in yang perlu dilakukan adalah menginstall software antivirus/malware terbaru. Pastikan untuk melakukan uninstall aplikasi antivirus yang sudah ada sebelumnya. Selanjutnya uninstall semua web browser selain Internet Explorer atau Microsoft Edge dan restart Windows. Jalankan Windows update sampai tidak ada update penting yang tersedia. Kemudian unduh web browser favorit kita.

Tentunya laptop dari tempat jual beli laptop bekas perlu diisi berbagai program sesuai kebutuhan kita. Namun jangan sampai terlalu banyak dan tidak sesuai dengan spesifikasi laptop

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.