Jual beli laptop di Petojo Jakarta Pusat hub : 082124277964

bagi anda yang memiliki laptop tidak terpakai, ingin tukar tambah laptop, laptop anda bermasalah, laptop anda terlalu tua/kuno dan ingin dijual dan anda berada di daerah petojo jakarta pusat. anda dapat menghubungi 082124277964 (Call/sms/whatsapp) kami menerima berbagai jenis laptop mulai dari merek acer, lenovo, asus, dell, serta MACBOOK. jadi bagi anda yang berada di daerah petojo jakarta pusat segera hubungi kami sekarang juga di 082124277964 (Call/sms/whatsapp)

Jual beli laptop di Petojo Jakarta Pusat hub : 082124277964

Bisnis.com, JAKARTA-Petojo merupakan sebuah kawasan atau perkampungan di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yang kini wilayahnya dibagi 2 menjadi Petojo Utara dan Petojo Selatan.

Daerah tersebut semula cukup teduh dan sejuk. Tetapi, seiring dengan perkembangan kota Jakarta, daerah itu menjadi perumahan dan perkantoran, sehingga sebagian besar pohon-pohonnya ditebang.

Menurut sejarah, kawasan itu dahulu merupakan tempat tinggal Arung Pattojo (Aru Patuju) dari daerah Soppeng, Bone, teman seperjuangan dan utusan Aru Palaka yang kemudian sama-sama bergabung dengan tentara Belanda/VOC.

Pada awal abad ke-17, tempat tersebut masih berupa hutan belantara tanpa penghuni. Namun, setelah Phoa Bingaan membuat terusan bernama Molenviet, yang menghubungkan kota lama dengan sebelah selatan, maka berdatangan orang-orang dari luar ke Petojo.

Mengapa namanya Petojo? Zaenuddin HM, menjelaskan hal itu dalam buku karyanya berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012

Menurutnya, ada banyak versi mengapa kawasan itu dinamakan Petojo. Dalam hal ini ada yang meyakini Petojo berasal dari nama pemlik kawasan tersebut yakni Komandan Petuju Jongker.

Namu, ada pula yang menyebutkan karena di daerah itu, yang kini menjadi Jl Suryopranoto, dahulu terdapat pabrik es Petojo yang merupakan paberik es terbesar di Jakarta.

Sedangkan pendapat lain menyatakan, Petojo berasal dari nama Datuk Petuju, anak buah Aru Palaka (Raja Bone) yang datang ke Batavia meminta bantuan Belanda dalam kaitan perang menghadapi Sultan Hasanuddin dari Makassaar.

Selain itu kawasan Petojo pada era 1930-an menjadi tangsi tentara dan kuburan Belanda. Demikianlah asal usulnya.

One thought on “Jual beli laptop di Petojo Jakarta Pusat hub : 082124277964”

  1. Kalop jual MSI G63 RC pemakaian 2 bulan barang gapernah keluar kost. 99% mulus (stiker logo MSI belum dilepas) bisa gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.