Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Membeli Laptop Bekas Ya!

Anda butuh laptop untuk menunjang pekerjaan? Ketika ingin mengetik atau mempersiapkan presentasi, Anda langsung mencari gadget itu di tempat jual laptop online. Gawai bekas dipilih karena anggarannya terbatas. Sebelum bertransaksi dengan sang penjual, jangan pernah lakukan hal-hal di bawah ini.

  1. Membeli Laptop Black Market

Laptop dari pasar gelap memang murah sekali, tapi gawai bekas itu bisa membawa masalah bagi Anda. Ketika rusak dan akan dibawa ke pusat servis yang resmi, bisa ditolak karena seri gawai itu tidak masuk ke Indonesia. Cara membedakannya adalah biasanya laptop black market harganya jauh lebih miring dari biasanya. Lihat serinya dan cocokkan di Google, apakah itu gawai resmi atau tidak.

  1. Memilih Laptop Yang Terlalu Murah

Saat mengunjungi tempat jual laptop bekas online, maka ada beragam gawai yang ditampilkan. Cek dulu standar harga laptop bekas dengan merek tertentu dan tahun keluarannya. Jika terlalu murah, bahkan di bawah 1 juta, maka mencurigakan. Bisa jadi itu laptop re-kondisi, rakitan, atau penjualnya ingin menipu dan mengirim barang palsu.

  1. Laptop Yang Dibeli Terlalu Tua

Pastikan laptop yang dibeli usianya tidak lebih dari 3 tahun. Cek di situs resmi merek laptop itu, jadi tahu seri tersebut dikeluarkan tahun berapa. Jika gawai terlalu tua, maka biasanya performanya lambat dan baterainya sudah soak.

  1. Membeli Laptop Yang Spesifikasinya Kurang Pas

Apa spesifikasi laptop yang diperlukan? Jika Anda butuh gawai untuk desain grafis, maka pilihlah yang punya RAM dan ROM tinggi , serta kualitas layar yang bagus. Jangan beli yang murah namun ternyata bekerja dengan lambat ketika mengedit di Corel dan Photoshop.

Membeli laptop bekas di tempat jual laptop memang harus super teliti. Jangan sampai Anda tergiur barang yang murah, ternyata kondisinya sudah rusak atau selundupan black market. Cek juga tahun keluaran laptop, jangan sampai terlalu lawas sehingga tak bisa bekerja dengan maksimal.

Dari beberapa tips di atas, mana bagian yang paling Anda suka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.