5 Catatan Monumental Raptors Juara NBASebanyak lima catatan monumental menandai sukses Raptors juara NBA 2019. (Mandatory Credit:Kelvin Kuo-USA TODAY Sports)

Jakarta, CNN Indonesia — Sebanyak lima catatan monumental menandai pesta juara Toronto Raptors menjadi juara liga basket Amerika Serikat NBA 2019.

Raptors memastikan gelar juara setelah mengalahkan Golden State Warriors dengan skor 114-110 di gim keenam final laga final, di Stadion Oracle Arena, Jumat (14/6) pagi WIB.

Warriors sempat memimpin atas Raptors pada kuarter ketiga dengan skor 88-75. Pertandingan semakin ketat memasuki kuarter terakhir.

Di kuarter tersebut, Raptors mengembalikan keungulan atas Warriors. Di sisa 43 detik lagi, Warriors sempat memperkecil ketinggalan menjadi 108-109.

Raptors mengalahkan Warriors 114-110 di gim 6 final NBA. (Raptors mengalahkan Warriors 114-110 di gim 6 final NBA. (Foto: Kyle Terada-USA TODAY Sports)

Raptors pun memenangkan pertandingan dengan skor 114-110 di gim keenam atau agregat 4-2 atas Warriors.

Berikut lima catatan monumental Raptors juara NBA, seperti dikutip dari sejumlah sumber:

1. Toronto Raptors kali pertama meraih gelar juara NBA. Total sudah 20 klub yang pernah menjuarai kompetisi itu. Boston Celtic menjadi klub dengan gelar juara terbanyak yaitu 17 titel.

2. Toronto Raptors menjadi tim pertama dari luar Amerika Serikat menjuarai NBA. Raptors merupakan klub asal Kanada.

3. Untuk kali pertama dalam sejarah NBA dua bersaudara Pau Gasol dan Marc Gasol juara kompetisi itu meski di waktu dan klub berbeda. Pau Gasol pernah juara di LA Lakers pada 2009 dan 2010. Kini sang adik juga juara ikut membawa Raptors juara NBA.

4. Raptors mengulang sejarah 32 tahun menjadi tim yang juara NBA dengan enam pemainnya mencetak rata-rata 10 poin per pertandingan di laga final. Rekor itu pernah dicetak LA Lakers pada 1986/1987.

5. Pelatih Raptors Nick Nurse tercatat jadi pelatih rookie ketiga yang berhasil membawa timnya juara dalam lima musim terakhir. Sebelumnya ada nama Steve Kerr pada 2015 dan Tyronn Lue di 2016. (bac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.