Laptop bekas yang sudah pernah dipakai selama beberapa waktu maka biasanya memiliki performa yang lebih rendah daripada laptop yang masih baru. Meskipun jual beli laptop bekas  menawarkan garansi namun masalah laptop yang lemot biasanya harus diatasi sendiri oleh para pemilik barunya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi laptop bekas yang lemot.

  1. Menghapus Program Yang Tidak Pernah Digunakan

Saat membeli laptop dari tempat jual beli laptop bekas ataupun dari seseorang, maka kadang laptop itu sudah memiliki program-program atau software yang sudah diinstal. Ataupun mungkin laptop tersebut sudah dibersihkan namun kita kemudian mengisinya dengan banyak program sehingga performanya menjadi tidak maksimal. Jika laptop kemudian terasa lemot maka coba untuk menghapus program yang tidak terlalu dibutuhkan, misalnya game atau program editing gambar yang terlalu berat.

  1. Membatasi Banyaknya Program Yang Berjalan Di Startup

Saat windows terbuka maka biasanya ada beberapa program yang langsung otomatis berjalan. Tentunya semakin banyak program berjalan maka laptop akan semakin berat kerjanya. Jadi cobalah untuk mengatur program yang tidak diperlukan sehingga tidak langsung berjalan saat baru menyalakan laptop.

  1. Menambahkan Memori RAM Pada Laptop

Laptop bekas yang misalnya dibeli dari tempat jual beli laptop Jakarta, usahakan pilih yang bisa diupgrade memori RAM-nya. RAM yang besar akan membuat laptop bekerja lebih cepat dan lancar. RAM pada laptop ternyata bisa ditingkatkan sesuai dengan spesifikasinya. Penambahan RAM ini dilakukan dengan membeli tambahan RAM yang bisa ditambahkan. Pastikan memori yang dibeli benar-benar cocok dengan laptop bekas yang dimiliki.

  1. Mengecek Virus Dan Spyware

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah serangan virus atau spyware. Bisa jadi virus tersebut sudah ada dalam laptop bekas saat dibeli atau baru menyerang saat dipakai. Cara untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan program antivirus atau antispyware. Selalu jalankan antivirus dan pastikan up to date sehingga bisa menangkal virus-virus terbaru.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop bekas yang lemot. Laptop yang sudah direset dan baru dibeli dari tempat jual beli laptop bekas  bisa jadi lemot karena penggunaan yang terlalu sering ataupun terlalu banyak program di dalamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.